Mari Sukseskan Pemilihan Kepala Desa Kembang Kerang Daya, Gunakan Hak Pilih Anda Sesuai Hati Nurani

Artikel

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA (MUSRENBANGDES) DESA KEMBANG KERANG DAYA KECAMATAN AIKMEL K

26 September 2022 12:07:17  Administrator  498 Kali Dibaca  Berita Desa

(Senin, 26 September 2022)  Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrenbangDes) adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran yang direncanakan. MusrenbangDes dilaksanakan setiap tahun dengan mengacu pada RPJM desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 6 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKPDes.

MusrenbangDes adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. MusrenbangDes yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa. 

Tujuan khusus; secara khusus Musrenbang desa bertujuan untuk :

  • Menampung dan membahas usulan di tingkat basis ( RT)
  • Menampung dan membahas usulan kegiatan di tingkat Rw
  • Menetapkan usulan yang akan dilaksanakan melalui APBDes Tahun Anggaran 2023 
  • Menetapkan usulan kegiatan yang akan diajukan pada musrenbang Kecamatan;
  • Menetapkan delegasi Musrenbangdes/kel yang akan mengikuti musrenbang kecamatan

Acara dipandu lansung oleh Sekretaris Desa Kembang Kerang Daya Bapak ZAINUL HADI,S.Kom. Dilanjutkan dengan pembukaan acara MUSRENBANGDes oleh Bapak DG.MUZAKKIR MUKHTAR,S.E (Kepala Desa Kembang Kerang Daya), kemudian dilanjutkan dengan Sambutan dari Camat Aikmel Bapak H. LALU SUHAIMI,SP., dan Ketua BPD Desa Kembang Kerang Daya dilanjutkan  dengan Acara inti MusrenbangDes yang di pimpin lansung oleh  Tim Pendamping Desa  Bapak AZWAR HAMID, S.H., serta pemaparan dan Verifikasi RKPdes, didalam sesi Verifikasi RKPDes banyak kegiatan kegiatan yang menjadi prioritas pembangunan yang nantinya akan dilaksanakan di tahun 2023 dengan berbagai pertimbangan dan persetujuan dari peserta rapat.

Acara MusrenbangDes di hadiri oleh para Perangkat Desa, 10 Kepala Wilayah dan 1 Kader dari masing-masing dusun, para anggota BPD, dan beberapa dari unsur masyarakat lainnya. Setelah menyetujui rancangan RKPDes tak lupa panitia bersama peserta rapat menentukan usulan kegiatan yang akan dibawa ke MUSRENBANGCAM (kecamatan) dan Penandatangan Berita Acara. Acara selesai pada siang hari dan ditutup dengan do'a dengan harapan  agar apa yang sudah disepakati menjadi hal yang positif dan dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Kembang Kerang Daya pada khususnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Kembang Kerang Daya Aikmel
Desa : Kembang Kerang Daya
Kecamatan : Aikmel
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83653
Telepon : 081918173392
Email : desakembangkerangdaya@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:21
    Kemarin:41
    Total Pengunjung:52.481
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.17.6.75
    Browser:Mozilla 5.0